Artikel Logo Perusahaan Menarik

Cara Membuat Desain Logo Cantik dan Elegan

Logo PT. Nylon Textile Indonesia Mfg

Logo PT. Nylon Textile Indonesia Mfg

Logo memiliki aspek dan peranan yang penting pada citra dan image perusahaan karena itulah yang akan bahkan mungkin satu-satunya yang akan diingat oleh konsumen terhadap produk anda atau bisnis. Kekuatan inilah yang dinamakan oleh para ahli marketing sebagai branding. Mudah tetapi sulitnya luar biasa. Ingin contoh? Kita semua tentu masih ingat akan Teh Botol Sosro sebuah minuman dingin yang tersedia hampir dimana saja dipelosok tanah air kita tercinta ini. Setiap kali kita kepanasan atau kehausan ditengah jalan teh botol sosro ini mudah dan murah untuk kita dapatkan. Melihat peluang pasar yang besar ini banyak perusahaan besar dengan skala nasional dan multi nasional ikut terjun mengadu peruntungan pada segmen market ini seperti Coca Cola, Frestea, Nestle dll tetapi mereka semua masih belum mampu untuk mengerus pangsa pasar dari teh botol sosro ini.

Logo yang cantik dan elegan memiliki 5 ciri-ciri penting yaitu:

  1. Memiliki pengaruh visual yang kuat dan menjadi sumber inspirasi
  2. Memiliki kemampuan menjabarkan tujuan dan profesionalisme perusahaan
  3. Memiliki identitas yang menjaga individualitas dimata konsumen
  4. Memiliki kinerja yang mampu melipatgandakan pesan branding
  5. Elegan harus dari sudut pandang konsumen bukan pemilik merek


Memiliki Pengaruh Visual
Logo ini telah mendarah daging menjadi satu dengan sifat alami dan ideologi dari sebuah perusahaan karena hal inilah maka para pemilik perusahaan selalu mencari logo yang cantik dan elegan. Logo yang elegan memiliki potensi untuk menjadi entitas yang terpisah dan dapat dikenali walaupun tanpa nama perusahaan bahkan beberapa merek yang sangat sukses, kita sudah hampir tidak mengenal perusahaan pembuatnya tetapi hanya dari simbol bisnis yang berupa logo yang tertera erat pada produk yang dijual. Cantik dan elegan disini adalah arti kiasan dan buka secara harafiah logo kita memiliki tangan yang mampu menarik mata pelangaan karena ini tentu namanya film horor. Logo yang elegan adalah sumber inspirasi yang tak terbatas bagi operasi marketing bahkan melebih dana yang banyak sekali karena logo mengekspresikan secara lengkap citra publik dari organisasi kedalam sebuah gambar simbol sederhana.

Mampu Menjabarkan Tujuan dan Profesionalisme
Logo perusahaan memiliki tingkat kepentingan yang tinggi dalam menjabarkan tujuan dan keprofesionalan perusahaan karena ini tugas pembuatan logo ini tidak bisa begitu saja diserahkan kepada mereka yang belum berpengalaman. Karena apabila kita pikirkan lebih jauh arti dari profesional adalah berpengalaman.

Identifikasi individualitas Dimata Konsumen
Banyak para pebisnis yang mengalami kegagalan dalam 5 tahun pertama usaha mereka karena logo. Penting sekali untuk secara efektif merepresentasikan sebuah bisnis kedalam logo yang unik demi kelangsungan hidup perusahaan pada jangka panjang. Sebuah aplikasi menarik dari logo adalah untuk menjaga, merawat dan membangun individualitas dari perusahaan kedalam sebuah simbol logo yang mampu diidentifikasi oleh para konsumen dan calon konsumen. Hal yang esensial bagi para pemilik perusahaan untuk mengerti sasaran pasar dan peluang usaha yang ingin mereka garap sebelum membuat sebuah logo. Logo yang penuh warna mampu memberikan inspirasi bagi para pelanggan, logo yang penuh gaya dan elegan mungkin mampu menyediakan daya tarik bagaikan magnet. Sifat dasar alami dari perusahaan sangat penting untuk tercermin dalam sekelumit simbol penuh warna dan arti ini karena itu logo harus dibuat dengan cara yang spesifik yang berputar pada citra yang ingin dibentuk dan dibangun pada jangka panjang.

Berkinerja Untuk Melipatgandakan Pesan Branding
Logo adalah bentuk nyata dari perlambang yang mampu berkinerja untuk melipatgandakan pesan branding anda. Kebanyakan orang sering mencampuradukan antara logo dan brand. Mereka berdua ini selalu seiring sejalan namun brand tidak dapat bekerja tanpa kehadiran logo dan logo tanpa branding adalah seperti mencangkul sawah dengan sebatang lidi. Sebuah logo yang cantik dan elegan melibatkan berbagai tujuan yang bercampur aduk seperti citra dan fokus dari perusahaan yang akan digarap hingga pesan inti marketing yang ingin disampaikan serta mengingatkan dan meninggalkan kesan mendalam pada benak konsumen yang melihatnya.

Elegan Dimata konsumen dan Bukan Pemilik Merk
Bagaimana sebuah logo terlihat pada mata pelanggan (orang yang benar-benar memakai produk/jasa bukan sekedar orang lain) lebih penting daripada bagaimana ia terlihat dimata anda sebagai pemilik merek, walaupun kita yang memiliki dan membuatnya karena hal ini lebih efektif dari keseluruhan pesan promosi anda. Logo yang cantik dan elegan mampu menciptakan kampanye relasi publik atau yang dikenal dengan public relation karena itu membuat sesuatu yang sederhana, seimbang dan harmonis dengan kombinasi warna yang brilian dapat memaksimalkan dan mempercepat terjalinnya komunikasi antara produk dan pelanggan secara menguntungkan.