Tren Marketing, Branding dan Bisnis

Daftar Pemenang Lomba Inovasi Teknologi Informasi iMulai Microsoft

2 Dari Pemenang Inovasi Bisnis iMULAI Memakai Jasa Desain Logo Akarapi

2 Dari Pemenang Inovasi Bisnis iMULAI Memakai Jasa Desain Logo Elegan Akarapi

Kompetisi iMulai 3.0 yang digelar oleh Microsoft Indonesia bersama USAID telah melahirkan 15 pemenang baru. USAID sendiri adalah bentuk dukungan pemerintah Amerika Serikat untuk negara-negara berkembang. Pengumuman para pemenang tersebut digelar di Balai Kartini. iMulai (singkatan dari ‘Indonesia Mulai’) merupakan kompetisi inovasi bisnis berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diselenggarakan pertama kali pada 2007. iMulai kedua digelar tahun 2008. Setelah sempat vakum selama 4 tahun karena minimnya inovasi original dan bukan sekedar meniru bisnis orang lain dibidang Teknologi Informasi, iMulai 3.0 akhirnya sukses digelar tahun ini.

Tujuan ajang ini bukan hanya untuk membantu para pemenang dalam merealisasikan ide mereka, tetapi juga untuk menjadi bukti bagi komunitas start up bisnis pada umumnya bahwa inovasi (bukan meniru ide bisnis orang lain dan juga bukan modal atau investor) adalah kunci bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan.

iMulai menerima pendaftaran dari seluruh Indonesia, baik untuk bisnis start up maupun yang sudah mapan, dengan ide bisnis inovatif yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. iMulai mencari inovasi bisnis yang memiliki potensi untuk sukses di pasar. Berbeda dengan kompetisi lainnya yang hanya mencari bisnis berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi atau istilahnya ide bisnis tanpa inovasi maka iMulai mencari kombinasi keduanya; bisnis baru dan inovatif yang muncul dari inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Sebelum sampai ke tahap final, iMulai mengadakan workshop di beberapa kota, seperti Jakarta, Denpasar, Medan, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Setelah itu baru diumumkan 50 besar proposal terbaik dimana pada puncak acaranya, panitia mengumumkan 15 proposal pemenang.

Berikut daftar 15 pemenang iMulai 3.0:

  1. Andrew Pratomo Budianto – Footbal Saga (public beta) – Bandung
  2. Andri Yadi – Movreak (established) – Bandung
  3. Api Perdana – NgaturDuit.com (public beta)
  4. Aqsath Rasyid Naradhipa – NoLimit (public beta) – Bandung
  5. Bramanian Surendro – VirtuTrade; Jejaring Sosial Investasi (prototype) – Jakarta
  6. Brian Arfi Faridhi – RBT Ads Network (public beta) – Surabaya
  7. Kemas Dimas Ramanditya – MediHaste; Quick Lab Result (idea) – Surabaya
  8. Mustafa Kemal Wiryawan – Rockto.com; Social Reccomendation Site (public beta) – Jakarta
  9. Rachmat Efendi – VeriShop; Verifikator Online Business (idea) – Jakarta
  10. Rizqinofa P Muliawan – Inkuiri.com; Mesin Pencari Produk Indonesia (public beta) – Yogyakarta
  11. Sastro Gozali – SendokGarpu (established) – Jakarta
  12. Satria Saputra Sukardja – PrimagamaPlus.com (established) – Jakarta
  13. Shieny Aprilia – NyanyiYuk (prototype) – Bandung
  14. Steven Surojo – ProHukum (established) – Depok
  15. Wisnu Manupraba – Ngomik (public beta) – Bandung

15 startup pemenang yang diumumkan oleh IMULAI 3.0 adalah NyanyiYuk, NgaturDuit.com, Movreak, RBT Ads Network, MediHaste, Football Saga, VirtuTrade, Primagamaplus.com, ngomik, Rockto.com, ProHukum, SendokGrapu, Verishop, Inkuiri.com dan NoLimit. 2 dari 15 startup pemenang ini adalah klien dari Akarapi yaitu VirtuTrade dan NgaturDuit.com dan kami bangga sudah ikut berpartisipasi mensukseskan inovasi dan ide bisnis mereka kedalam bentuk logo yang representatif dan elegan.

Penentuan kriteria pemenang iMulai 3.0:
Penentuan pemenang didasarkan pada tiga kriteria penilaian. Pertama, inovasi teknologi, yaitu penilaian tentang sejauh mana peserta dapat melakukan inovasi dalam teknologi itu sendiri. Kedua, inovasi bisnis. Ini adalah penilaian tentang sejauh mana peserta dapat mengajukan inovasi bisnis dari produknya, apakah menjual sesuatu yang baru atau menggunakan model lama. Dan Ketiga, sustainability, bagaimana proyeksi peserta untuk bisnis ini ke depannya.

Para Inovator Memakai Akarapi Logo Sebagai Sesama Pencetur Kreatifitas

2 Dari Para Inovator Ini Memakai Akarapi Logo dan Mempercayakan Kreatifitas Akarapi

“Melalui kompetisi IMULAI 3.0, kami dengan bangga memperkenalkan perusahaan-perusahaan berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi paling inovatif dari seluruh Indonesia,” ujar Sutanto Hartono, Presiden Direktur Microsoft Indonesia.”"iMULAI adalah bukti komitmen jangka panjang Microsoft dalam menumbuhkan ekonomi lokal. Kami akan terus mendukung inovasi lokal,”

“Kami bertekad untuk membantu perusahaan Teknologi Informasi pemula di Indonesia untuk dapat mentransformasikan ide-ide inovatif mereka menjadi solusi bisnis yang nyata,” jelas Ted Osius, Deputy Chief of Mission, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

“Pada iMULAI 1.0 dan 2.0 hadiahnya masih berupa uang tunai, sementara untuk yang ketiga hadiah yang diberikan lebih bersifat jangka panjang,” jelas Andy Laver Sirait, ketua panitia IMULAI 3.0.

Sementara Irvin Hutagalung, ISV and Entrepreneurship Program Manager Developer and Platform Group dari Microsoft Indonesia, mengatakan bahwa ada 219 partisipan dari beragam skala bisnis di seluruh Indonesia yang mendaftar kompetisi ini. “Para juri terdiri dari berbagai insan di dunia usaha Teknologi Informasi di Indonesia, termasuk dari Microsoft dan USAID,” kata Irvin.

Para pemenang berhak atas lisensi piranti lunak Microsoft senilai maksimum USD 250.000. Para pemenang juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam Start-Up Bootcamp yang berlangsung selama tiga hari. Para pemenang juga mengikuti classroom session di Hotel Crown Plaza Jakarta. Classroom berisi workshop tentang proyeksi finansial, skenario bisnis, presentasi, sebagai pembekalan untuk para pemenang.Setelah para pemenang menjalani pitching session di Microsoft Indonesia. Para pemenang akan diberikan berkesempatan melakukan presentasi di hadapan para investor dan venture capital.