Artikel Logo Perusahaan Menarik

Desain Logo dan Brand Penting Untuk Perusahaan Kecil UKM

Logo  Brian Bakery dan Cakery Kudus

Logo Brian Bakery dan Cakery Kudus

Logo merupakan representasi dari perusahaan – mendefinisikan identitas dan visi misinya. Logo juga merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari strategi branding perusahaan. Tanpa adanya logo atau identitas merek (branding) maka sangatlah mustahil bagi konsumen untuk mengidentifikasi sebuah produk atau jasa dari barang serupa yang ditawarkan oleh kompetitor.

Pentingnya Konektivitas dari Merek
Setiap konsumen memiliki pendapat yang kuat mengenai brand kesayangan mereka. Pilihan ini lebih sering bersifat emosional daripada rasional. Beberapa brand kelas dunia seperti Nike, Coca Cola, McDonald, Pizaa Hut, 1001 Turkish Kebab, Kentucky Fried Chicken dll lebih berpengaruh pada individual yang satu dari yang lain. Pelanggan umumnya membentuk ikatan emosional pada merek ini bahkan seringkali mengabaikan produk atau jasa yang lebih baik karena semata-mata visibilitas dan brand recognition yang tinggi.

Beberapa merek malah mampu menggantikan nama produk tersebut dan konsumen mulai mengenali produk tersebut dengan mereknya, contoh dalam hal ini adalah Xerox atau Google atau Odol (merek pasta gigi yang pada tahun 1940-an sangat terkenal hingga masuk dalam kamus besar bahasa indonesia).

Karena itu sangatlah – paling penting bagi setiap perusahaan terutama UKM (perusahaan kecil menengah) untuk memiliki strategi dan pendekatan yang jelas serta unik bagi sebuah logo yang dapat diidentifikasi.

Identitas perusahaan, corporate identity atau desain logo banyak menolong industri UKM. Beberapa peran penting mereka dapat dilihat dibawah ini.

  1. Membantu perusahaan untuk membentuk dan terlihat profesional. Ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.
  2. Identitas brand yang kuat sangatlah penting karena pada umumnya manusia lebih mudah mengingat gambar dari pada tulisan. Ada pepatah yang mengatakan “gambar berbicara setara dengan ribuan kata-kata”. Logo biasanya berbentuk simbol atau lambang sehingga mudah diidentifikasi secara nyaman daripada setumpuk halaman kata-kata yang terdapat dalam company profile.
  3. Sisi desain grafis dari logo dapat meningkatkan awareness dari produk atau jasa yang ditawarkan terutama apabila nama perusahaan tersebut tidak semerta-merta menjelaskan sesuatu.
  4. Seiring dengan pertumbuhan, banyak pelanggan akan tetap loyal dengan merek tersebut.
  5. Nilai dari merek atau brand dapat menjadi nilai tambah yang menguntungkan apabila sewaktu-waktu perusahaan memutuskan untuk menjual saham atau masuk pasar saham atau bursa efek jakarta. Bahkan perusahaan tersebut dapat dinilai lebih tinggi dari nilai buku hanya karena merek.