Tren Marketing, Branding dan Bisnis

Kolam Pemancingan Galatama dan Kiat Sukses Memulai Bisnis Pemancingan

Kolam Pemancingan Galatama Rindu Jaya Parung Bogor

Kolam Pemancingan Galatama Rindu Jaya Parung Bogor

Memancing adalah campuran antara olahraga dan rekreasi. Animo masyarakat Indonesia akan olahraga memancing ini sangat tinggi bahkan meningkat dari tahun ke tahun maka peluang usaha kolam pemancingan ikan ini sangat terbuka lebar untuk mendapatkan untung besar dan cepat. Banyak sekali sisi positif dari kolam pemancingan ikan bila dikelola dengan benar akan tetapi seperti biasa dimana ada peluang disitu pula terdapat tantangan. Salah satu hal yang dapat dilihat sebagai peluang adalah kebanyakan bisnis kolam pemancingan ikan belumlah dikelola secara profesional dengan sistem manajemen modern. Banyak sekali kolam pemancingan ikan yang hanya berupa kolam dan plank nama padahal apabila kita ingin berbisnis yang baik dengan strategi jangka panjang hingga bisa diwariskan kepada anak cucu, program branding, marketing dan corporate identity sangatlah penting dilakukan. Salah satu kolam pemancingan ikan yang sudah serius dalam menangani bisnis ini secara profesional adalah kolam pemancingan ikan galatama Galilea seperti yang dapat kita lihat pada gambar disamping. Logo kolam pemancingan galatama Galilea ini terlihat sangat keren dan profesional. Logo yang berwarna biru tua melambangkan kepercayaan dan kesejukan yang diambil dari warna air. Logo ini juga mengandung warna keemasan dari ikan mas yang menjadi obyek dari pemancingan itu sendiri sekaligus memberikan kesan bersahabat dan kekeluargaan.

Membuat logo pemancingan ini merupakan salah satu cara jitu dan terbaik dalam memenangkan persaingan dipikiran dan hati konsumen. Logo pemancingan ikan yang menarik akan membuat perbedaan dan memberikan daya saing yang tinggi sehingga akan selalu diingat oleh konsumen dan akan selalu menjadi tempat memancing favorit bagi pelanggan. Hal ini akan menciptakan merek bisnis yang dapat dijual dan bernilai tinggi. Kesimpulan yang dapat ditarik dan diambil pelajaran disini adalah semua merek, branding, program marketing dan corporate identity dimulai dari pembuatan logo pemancingan ikan yang keren dan menarik.

Logo Kolam Pemancingan Ikan Galatama Galilea

Logo Kolam Pemancingan Ikan Galatama Galilea

Kolam Pemancingan Ikan Galatama dan Harian
Kolam pemancingan terbagi atas dua kategori pokok, yakni kolam harian dan kolam galatama, jangan heran karena namanya mirip dengan istilah persepakbolaan. Kolam harian paling tepat digunakan sebagai wisata keluarga. Hasil ikan yang dipancing kemudian ditimbang dan dibayar per kilogramnya atas hasil yang didapat oleh pemancing. Memancing ikan dikolam harian perolehannya pasti tinggi karena populasi ikan biasanya lumayan padat dan ikannya pada lapar karena jarang dikasih makan. Tetapi ini bukan jaminan karena memancing adalah seni sama seperti membuat logo juga seni dan perlu keahlian. Kolam harian inilah sasaran utama pemancing yang membawa keluarga atau datang bersama teman.

Kolam Galatama adalah memancing dengan sistem pertandingan. Bayar tiket masuk untuk ikutan lomba kompetisi memancing, lalu memancing terbatas hanya boleh dua joran, diakhiri dengan acara adu perolehan total berat ikan terbesar dalam batas waktu tertentu, misal dari jam 08.00 hingga jam 15.00. Pemenangnya, tentu saja pemancing yang bisa memancing ikan terberat dan terbanyak.

Harga tiket masuk kolam galatama ini cukup bervariasi yaitu ada yang seharga 3 – 5 juta an dengan hadiah yang cukup menggiurkan yaitu mobil kijang atau sepeda motor keluaran terbaru atau ada juga kolam galatama yang menetapkan harga tiket masuk berkisar antara Rp. 10.000 sampai Rp. 100.000,- dengan berbagai hadiah yang sesuai seperti radio, TV, kulkas dsb. Ikan hasil dari kolam pancing galatama setelah ditimbang harus dimasukan lagi kekolam setelah pertandingan usai untuk dipakai lagi pada pertandingan berikutnya.

Tipe pemancing yg berlaga dikolam Galatama biasanya adalah tipe advanced atau mahir. Disini para pemancing mengadu teknik umpan ramuan siapa yang paling ampuh dalam menarik hati sang ikan. Pada akhir lomba biasanya pemenang bukan disambut oleh tim cheerleader dengan pakaian minim tetapi diserbu oleh sesama pemancing yang kalah dan ingin tahu rahasia sang pemenang seperti formula umpan pancing yang dipakai.

Daftar Kolam Pemancingan Ikan Galatama di Jabotabek

  • Telaga Mina – Lokasi Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur
  • Galatama setiap hari kecuali hari Senin, Hubungi: Pak Mul. Telepon: 021-87791954-55
  • Pemancingan KFT, Komplek KFT Jl. Lingkar Luar Cengkareng Jakarta Barat
  • Galatama setiap hari, Hubungi: Pak Sentot. Telepon: 021-9218826
  • Pemancingan MBAU, Komplek AURI belakang MBAU Pancoran Jakarta Selatan. Telepon: 021-7996608
  • Pemancingan Telaga Fajar, Jl. Pemda Cibinong, Bogor
  • Galatama hari Rabu, Jum’at & Minggu, hubungi Pak Toha. Telepon: 021-8757695
  • Pemancingan Puspita, Jl. Pondok Gede 8 Jakarta Timur. Hubungi: Sdri. Arum. Telepon: 021-8001009
  • Pemancingan Pemagar Sari (PPS) Jl. Raya Gn. Sindur 38 Parung Bogor. Telepon: 0251-611020
  • Pemancingan Situ Umar Bandung Jl. Raya Lembang Bandung. Telepon: 022-2786770 – 2786771
  • Lomba Galatama, kiloan Jl. Brigjen Hasan Kasim Lorong Purwa sari II No. 43. Celentang – Kel. Bukit Sangkal Perumnas Sako
  • Kenten Palembang. Hubungi: Pak Udin. Telepon: (0711) – 812333

Suasana Kolam Pemancingan Ikan Yang Asri

Suasana Kolam Pemancingan Ikan Yang Asri

Cara Mengelola Bisnis Kolam Pemancingan Galatama
Bisnis kolam pemancingan ikan apabila ditekuni dengan baik dan benar tentu akan menuai hasil yang besar. Setidaknya, begitulah kiat bisnis yang dilakoni bila ingin jadi pengusaha sukses yang gaul. Bisnis pemancingan kolam ikan sekarang telah menjadi tren bagi semua kalangan (bahkan ibu rumah tangga dan wanita muda), bukan saja untuk para penghobi memancing, tapi sekarang telah merambat untuk semua orang. Kenapa seperti itu? Iya karena memancing dikolam siapa saja bisa melakukannya dengan kata lain mudah dan gampang serta sederhana. Dengan memancing di kolam pancing, setiap orang akan dapat dengan mudah memancing ikan tanpa trik dan keahlian khusus, karena biasanya para pemilik kolam akan menyediakan ikannya dalam keadaan lapar sehingga mudah untuk dipancing. Jadi semua orang bisa memancing dengan tidak harus bersusah payah dan kepanasan untuk mendapatkan ikan.

Bila kita bisa melihat peluang usaha dan prospeknya, bisnis ini bisa menjadi bisnis yang menggiurkan dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan. Pengelolaan bisnis ini relatif cukup mudah. Kegiatan memancing banyak sekali penggemarnya mulai saja dari penggemar olahraga memancing, keluarga yang butuh rekreasi, mahasiswa, pekerja kantoran, anak-anak muda, orang yang senang hobi memancing dan banyak lagi kalangan lain yang meminatinya.

Untuk memulai sebuah bisnis pemancingan ini maka yang harus disiapkan adalah anda harus memiliki tempat usaha yang cukup luas dengan cukup banyak pohon agar para pemancing dan keluarganya tidak kepanasan. Anda dapat melakukan kerjasama dengan pemilik lahan dan menerapkan sistem sewa dan bagi hasil atau yang lebih dikenal dengan sistem paro. Lokasi bila ingin memulai bisnis ini juga haruslah mudah dijangkau dan berada di tempat strategis untuk memudahkan konsumen melihat dan mendatangi tempat kita sehingga tidak perlu bersusah payah apabila mereka ingin memancing ikan. Strategi lain yang dapat diambil adalah dengan membeli kolam jadi ataupun anda bisa membuat kolam terlebih dahulu. Setelah ada beberapa kolam maka anda dapat mulai mengisi bibit ikan antara lain ikan mas, bawal, gurame, patin ataupun nila.

Bila anda ingin cepat memulai dan cepat sukses maka masukkan saja ikan yang besar sehingga dapat menarik minat konsumen dengan cepat namun untuk ini diperlukan modal yang lebih besar dan banyak, apabila ingin memulai dengan modal pas-pasan maka bisnis ini harus dimulai dari bibit ikan. Untuk kelangsungan usaha maka anda memerlukan karyawan antara lain untuk penjaga dan perawat kolam dan bila anda mengembangkan usaha tersebut dengan rumah makan maka tentunya anda perlu koki dan pelayan sehingga terjadi yang namanya bisnis simbiosis mutualisme.

Dari sini bisa dilihat bahwa modal usaha bisnis kolam pemancingan ikan ini sangatlah sedikit seperti biaya pembuatan kolam, sewa lahan, bibit ikan dan biaya marketing agar cepat dikenal oleh berbagai kalangan yang biasanya meliputi pembuatan logo, brosur, billboard, sign board yang berisikan logo kita hingga baju asisten pancing yang juga berisikan logo. Dengan melakukan hal tersebut maka anda sudah menerapkan sistem manajemen modern dengan program marketing dan branding yang yahud.

Belajar Kiat Sukses dan Inovasi Kolam Pemancingan Di Depok
Salah satu kawasan yang ideal untuk mengembangkan bisnis pemancingan adalah kawasan Depok. Kawasan itu terkenal sebagai kawasan dengan banyak badan air, mulai dari sungai, rawa, sampai situ. Banyaknya sungai dan situ merupakan surga bagi para pemancing untuk menyalurkan hobinya sehingga bila ingin memulai bisnis pemancingan disini sudah bisa dipastikan biaya marketing, promosi dan branding akan cukup rendah karena para pemancing akan datang dengan sendirinya.

Selain memancing langsung di alam, Anda membuat kolam pemancingan yang dikhususkan untuk keluarga. Di tempat pemancingan peluang mendapat ikan lebih besar sehingga para pemancing akan tertarik untuk memancing bersama keluarganya terutama bila dilokasi tersebut disediakan dapur atau alat memasak hingga ikan dapat langsung dimasak dan disantap bersama keluarga. Di lokasi pemancingan keluarga, Anda juga dapat mebuat kursus kilat yang mengajarkan cara memancing pada anak-anak yang masih kecil.

Salah satu lokasi pemancingan berada di Jalan Raya Parung-Ciputat, tepatnya di Kelurahan Sarua, Depok, yang bernama Godong Ijo. Lokasinya sekitar tiga kilometer dari perempatan Gaplek ke arah Parung, di sebelah kanan jalan. Lokasi pemancingan ini melakukan inovasi dengan membuat restoran yang dilengkapi dengan beberapa satwa liar yang unik serta kebun bibit yang menjual sekitar 500 jenis tanaman bunga dan buah.

Pengelola Godong Ijo mengubah Situ Banyu Ijo yang telantar menjadi kolam pemancingan berukuran 20 meter x 120 meter. Kedalaman kolamnya mencapai lima meter. Kolam dilengkapi dengan 70 bangku memancing, belasan saung, dan dua saung terapung. Di setiap saung disiapkan jaket penyelamat agar pemancing tidak tenggelam jika terpeleset ke dalam kolam terutama anak-anak yang belum bisa berenang.

Ikan yang dibudidayakan di Godong Ijo adalah ikan mas, patin, lele, nila, gurame, dan bawal. Ada juga ikan mujair yang terbawa aliran kali. Sarman Sihotang pengelola Godong Ijo melakukan inovasi bisnis untuk mengundang para pemancing melakukan word of mouths marketing yang lagi populer dengan menerapkan ada tiga jenis sistem memancing, yaitu

  1. Memancing sistem kiloan
  2. Memancing sistem tarikan
  3. Memancing sistem jackpot.

Memancing Sistem Kiloan
Untuk memancing kiloan, setiap pemancing harus membeli setiap ikan yang terpancing dengan harga Rp 20.000 sampai Rp 40.000 per kilogram.

Memancing Sitem Tarikan
Untuk memancing tarikan, setiap alat pancing atau joran dikenai tarif Rp 60.000 per empat jam. Ikan yang didapat boleh dilepas lagi dan tidak perlu dibeli.

Memancing Sistem Jackpot
Memancing jackpot hampir seperti memancing tarikan, tetapi difokuskan untuk mengejar ikan yang beratnya di atas lima kilogram. Dengan tarif Rp 100.000 per empat jam, pemancing berhak dapat hadiah Rp 116.000 jika memperoleh ikan di atas lima kilogram alias jackpot.

Selain di Godong Ijo, ada juga kolam pemancingan Sabar Jaya di Sawangan, Depok, yang menjadi favorit. Letaknya ada di kawasan Perumahan Sawangan Permai. Bagi warga Jakarta, lokasi ini dapat dijangkau dari Jalan Margonda kemudian mengarah ke Jalan Raya Mochtar, Sawangan. Lokasi juga dapat ditempuh dari Ciputat, melewati Jalan Raya Parung, dan mengarah ke Jalan Raya Mochtar, Sawangan.

Kolam pemancingan Sabar Jaya melakukan inovasi bisnis yang lain dari biasanya yaitu dengan membuat tiga empang, yaitu empang harian, empang sewa, dan empang lomba. Empang harian adalah empang yang dipakai pemancing setiap hari, empang sewa khusus untuk rombongan pemancing yang menyewa empang, dan empang lomba galatama untuk lomba yang digelar setiap hari Minggu dan Rabu dengan hadiah total Rp 5 juta untuk empat pemenang. Haji Bodin (51), pengelola kolam pemancingan Sabar Jaya membuka tempat ini selama 24 jam. Anda dapat memilih waktu sesuai dengan keinginan. Jadi, jangan ragu, ayo mari segera mulai berbisnis kolam pemancingan !