Artikel Logo Perusahaan Indonesia

Logo Group Band Musik Yang Profesional

Logo Band Group Sangkakala Musik

Logo Band Group Sangkakala Musik

Sebuah logo yang sukses akan sangat membantu sebuah group band musik untuk meraih kepercayaan, terkenal, pemujaan dan mendapatkan fans atau penggemar yang banyak. Sebuah logo band yang buruk dapat menghasilkan cercaan seperti yang telah dialami oleh salah satu group band di Indonesia. Logo juga dapat meningkatkankan nilai komersial dari sebuah band musik dan ceruk pasar yang mengungtungkan karena musik tidak selalu dapat menjual dirinya sendiri. Banyak sekali musik yang bagus yang juga pastinya dibuat oleh seorang pengarang lagu pada band tersebut yang sangat berbakat tetapi pada waktu peluncuran album perdananya, hasilnya sangat mengecewakan. Hal ini tentu saja dapat membuat stress personil group band tersebut.

Group band musik haruslah memiliki daya tarik yang dapat dipasarkan atau istilah kerennya marketable band. Apabila kita melihat pada rak-rak tempat menjual CD musik atau kaset (ternyata masih banyak orang yang menjualnya lho) maka kita akan lebih dahulu melihat logo band, cover atau sampul dari CD atau kaset tersebut daripada mendengan musik yang terkandung didalamnya. Hal ini sebenarnya telah memberitahukan kepada kita pentingnya sebuah logo dan design cover album kaset atau CD terlebih pula poster group band tersebut pada saat ia akan diperkenalkan kepasaran.

Bila saja band yang akan merilis sebuah album musik mereka menyadari pentingnya logo maka mereka akan lebih baik dalam mendapatkan kontrak rekaman. Semua bentuk, warna, fonts dan gambar yang digunakan dalam menciptakan band logo haruslah unik dan harus berbeda dari logo yang telah beredar sebelumnya dipasaran. Bila kita membicarakann musik, gambaran kolektif dari group band dan jenis musik yang harus dilambangkan kedalam logo maka banyak sekali hal yang harus dipikirkan masak-masak oleh group band tersebut. Semua booming dari group band sering menekankan pada pentingnya logo yang mudah diadaptasikan dan logo yang unik untuk dapat terkenal secara internasional. Logo ini akan membuat penggemar mudah mengingat yang bagaikan suara merdu dan lagu indah dalam ingatan visual hingga menciptakan citra yang tahan lama yang teraosiasikan dengan jenis musik band tersebut. Beberapa group band memiliki logo yang keren seperti Gigi, Peter Pan, Dewa 19, KLA Project dan masih banyak yang lain lagi bila disebutkan satu persatu.

Suksesnya band musik untuk mendapatkan logo yang dibuat dengan pendekatan yang profesional akan meninggalkan kesan yang mendalam dan pengaruh yang luar biasa dalam benak pendengar mereka. Logo band yang baik akan membina jenis musik yang spesifik yang sangat sesuai dengan target market dari band tersebut.

Pemilihan penggunaan warna dalam logo band sangatlah tergantung dari gaya musik mereka. Logo band musik yang memiliki warna yang bagus akan dapat mewakilkan kesan profesional dari pada group band yang memiliki logo asal-asalan. Warna-warna terang seperti merah, kuning dan orange beserta segala macan gradasi warnanya biasanya banyak dipakai dalam membuat logo group band rock. Sedangkan warna-warna gelap seperti hitam, coklat atau abu-abu gelap sangat cocok untuk band yang memiliki ingin digambarkan memiliki citra hitam atau misterius. Warna hitam juga membangkitkan kesan berani dan individual, begitu juga warna oranye akan membuat logo terlihat ramah dan akan membuat band tersebut berkesan bersahaja tetapi menyenangkan. Kombinasi warna adalah hal yang lumrah dalam sebuah logo band.

Kebanyakan logo band memakai fitur font yang sederhana namun trendy serta elegan namun tetap terlihat artistik. Font memainkan peranan yang vital dalam proses penciptaan logo band yang baik. Beberapa jenis font yang sering dipakai adalah Arial Narrow, Britanica Bold, Myriad Pro dan Times New Roman. Font tersebut secara tepat mampu mengekspresikan semangat dan jenis musik yang dimainkan oleh band tersebut bahkan kadang-kadang nama dari band itu sendiri yang menjadi simbol identitas yang tidak dapat dirubah, inilah yang sering disebut atau kita kenal dengan nama logo type. Dalam kasus seperti ini memilih gambar yang tepat akan menjadi sangat krusial demi menentukan sukses tidaknya band musik.

Logo band haruslah mampu merefleksikan secara jelas bayangan mental dari generasi yang menjadi pendengar mereka dengan cara yang elegan yang juga harus mampu membawa gaya perspektif musik dari group band itu karena itulah dalam memciptakan logo band hampir tidak ada batasan atau aturan yang harus dipenuhi secara tepat karena logo band haruslah dibuat dengan selera dan gaya terkini.