Corporate Identity Yang Baik, Profesional Serta Aplikasi dan Ciri-Cirinya

Corporate Identity Yang Baik, Profesional Serta Aplikasi dan Ciri-Cirinya

Corporate Identity adalah citra dan image pertama dilihat oleh masyarakat. Konsumen menilai citra, profesionalisme dan tingkat kepercayaan terhadap perusahaan dari corporate identity ini. Begitu pentingnya identitas ini sehingga dapat disimpulkan beberapa ciri-ciri yang harus dimiliki oleh identitas perusahaan yang baik, profesional dan terpercaya dimata konsumen, pelanggan ataupun investor.

Berdasarkan pengalaman dari perusahaan yang telah mencapai kesuksesan dalam jangka panjang maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hal-hal yang perlu dimiliki oleh suatu corporate identity yang profesional adalah sebagai berikut:

Simbol yang Penuh Makna

Simbol tersebut tidak boleh sama atau menyerupai dengan simbol, warna dan makna pihak lain untuk menghindari image ganda atau bias di pikiran masyarakat. Di sini orisinalitas menjadi penting. Biasanya kesederhanaan atau kompleksitas akan dapat menampilkan makna yang mendalam dan pesan yang disampaikan akan terbaca dengan jelas oleh masyarakat.

Tidak ada aturan khusus mengenai bahwa simbol pada corporate identity tersebut harus sederhana ataupun kompleks tetapi semuanya harus memiliki arti dan filosofis yang jelas dan sesuai dengan corporate image yang ingin dibentuk

Mempunyai Pemicu Visual yang Kuat

Corporate identity yang baik harus mampu membuat masyarakat atau orang yang melihatnya untuk memberi respon terhadap perusahaan tersebut. Simbol yang digunakan harus indah dan nyaman dilihat mata, sesuai dengan fungsi dari simbol tersebut untuk membungkus identitas dan kepribadian perusahaan. Sehingga dengan melihat sepintas khalayak mengagumi corporate identity dan perusahaan yang diwakilinya.

Sehingga bila konsumen atau masyarakat mempunyai kontak dengan perusahaan tersebut, maka produk atau jasa yang menjadi hasil dari perusahaan itu diingat oleh konsumennya dan dengan sendirinya nama perusahaan tersebut akan melekat erat di benak konsumennya. Sebagai contoh bila seorang konsumen ingin membeli sabun pencuci pakaian, maka produk yang akan diingatnya adalah Rinso karena Rinso mampu mencuci lebih bersih.

Dapat Menjadi Alat Promosi dalam Penjualan.

Karena Corporate Identity seperti salesman yang bekerja sepanjang waktu tanpa kenal lelah untuk memberikan image yang diingikan ke benak konsumen. Ia juga bertindak sebagai agen marketing atau petugas public relation yang handal dan cekatan. Walaupun masa kampanye suatu produk telah berakhir tetapi identitas tetap dipergunakan bertahun-tahun bahkan puluhan tahun dan diingat selalu oleh konsumen.

Corporate Identity Harus Mudah Diingat

Corporate Identity haruslah mudah untuk diingat karena ada dua hal yang harus di miliki oleh suatu identitas produk atau perusahaan. Pertama bahwa corporate identity itu harus mampu membuat konsumen mengingat perusahaan tersebut ketika ingin membeli suatu produk, dengan kata lain bahwa corporate identity harus punya sifat yang mengusulkan atau mempengaruhi. Kedua, corporate identity harus mampu membuat konsumen mengingat kembali perusahaan tersebut ketika ingin membeli produk yang sama untuk kedua kalinya atau ketika akan melakukan repeat order.

Aplikasi Corporate Identity Perusahaan Ekspedisi Solid Express
Aplikasi Corporate Identity
Perusahaan Ekspedisi Solid Express

Sebuah perusahaan harus menampilkan kesan tertentu kepada konsumennya melalui produk-produk yang mereka tawakan, program marketing, program periklanan maupun advertising secara keseluruhan. Image atau kesan yang ingin disampaikan sebaiknya adalah sesuatu image yang kuat dan mudah dipersepsikan oleh konsumennya dan merupakan cerminan dari perusahaan itu sendiri.

APLIKASI CORPORATE IDENTITY

Setelah suatu corporate identity diciptakan maka tugas selanjutnya dari designer yang ahli dalam komunikasi visual seperti Akarapi Logo adalah membuat suatu sistem komunikasi visual yang inline, menyatu dan efektif. Corporate identity akan muncul di kop surat, amplop surat, kartu nama, gedung tempat perusahaan ini berdiri, website atau situs resmi perusahaan, kendaraan perusahaan, baju seragam dan materi promosi dari produk-produk yang di keluarkan oleh perusahaan tersebut.

Corporate identity sering digunakan pada media-media seperti dibawah ini, yaitu:

Business stationary

Memo, amplop surat, kop surat, kartu nama, stempel, form, bon, kwitansi, kontrak kerja, topi, baju seragam, name tag dan lainnya

Brosur dan Poster

Brosur, flyer ataupun poster yang buruk dapat menurunkan kredibilitas perusahaan karena itulah design brosur, flyer ataupun poster yang elegan, indah dan sejalan dengan corporate identity menjadi sarana penunjang program marketing yang telah terbukti selalu mampu meningkatkan penjualan.

Katalog

Jarang sekali perusahaan yang memiliki hanya sebuah produk atau jasa yang ditawarkan. Produk katalog atau jasa adalah salah satu mata rantai dari identitas perusahaan. Katalog adalah salesman dan marketing yang jitu apabila digunakan secara tepat dan akurat.

Iklan dan Marketing Tools

Advertising dan program periklanan jenis lainnya sangat menunjang proses pencitraan perusahaan melalui corporate identity ini seperti iklan televisi, iklan radio, iklan cetak bahkan Google Adsword juga merupakan salah satu bagian penting dari proses ini dimana internet, social media, networking dan website merupakan bagian dari keseharian pelanggan.

Signage System

Signage system seringkali menjadi bagian yang terlupakan dan dibuat asal jadi oleh perusahaan karena ingin menghemat biaya sehingga pada akhirnya akan berakibat fatal yaitu buruknya image perusahaan. Luas dari signage yang tergolong besar ini memerlukan sebuah logo yang formatnya dapat dibesarkan sebesar yang diinginkan dan ini tidak dapat dilakukan oleh kebanyakan jasa design logo.

Akarapi adalah salah satu penyedia jasa pembuat corporate identity ini dimana logo yang diciptakan tersebut mampu dibesarkan sebesar-besarnya sehingga mampu menunjang image perusahaan sebagai perusahaan yang bonafid, profesional dan terpercaya.

Gedung perusahaan

Aset tidak bergerak seperti gedung, kantor, gudang maupun ruang pertemuan haruslah menjadi juru bicara dari proses membangun image perusahaan. Mulai dari tempat parkir, gerbang utama hingga repsesionis. Bagian penting lain yang tidak boleh dilupakan adalah ruang karyawan karena selain pelangga, karyawan yang puas dan nyaman mampu menjadi pusat penyebaran words of mouth yang ampuh.

Kendaraan operasional perusahaan

Logo, slogan atau tagline pada umumnya melekat pada kendaraan operasional perusahaan mulai dari sepeda motor, mobil, bus, truk, kapal hingga pesawat jet.

Keindahan warna dan aplikasi dari corporate identity ini akan sangat menentukan image dari perusahaan tersebut. Salah satu contoh nyata biasanya dapat terlihat dari kendaraan perusahaan logistik seperti DHL, Fedex, Tiki, Pandu, Solid Express, Lorena dan sebagainya.

Laporan tahunan (annual report)

Laporan tahunan biasanya mencangkup laporan keuangan, ekuitas pemegang saham, hutang piutang dan laporan tentang kemajuan yang dicapai selama tahun buku tersebut. Bagi perusahaan publik atau masuk bursa dimana laporan tahunannya akan beredar dimasyarakat maka ini merupakan hal yang cukup penting diperhatikan sebagai bagian dari identitas perusahaan.

Buletin perusahaan atau Newsletter

Bagi perusahaan yang aktif banyak berita tentang kegiatan yang dapat dimasukan kedalam buletin ini yang juga menjadi media untuk bertemu dengan konsumen, karyawan, pemegang saham maupun stakeholder yang lain. Beberapa perusahaan menerbitkan buletin seminggu sekali, sebulan sekali atau setiap tiga bulanan yang sering dikenal dengan trimester buletin.

Website perusahaan

Website perusahaan dapat berupa company profile website yang memuat tentang hal-hal mendasar seperti visi-misi, nilai filosofis, tim ahli dari perusahaan, produk-produk yang ditawarkan, liputan tentang kegiatan perusahaan maupun berisikan artikel atau tips yang mampu mengedukasikan konsumen tentang pentingnya produk atau nilai perusahaan tersebut.

PERUBAHAN PERAN DARI CORPORATE IDENTITY

Peran corporate identity yang dulu hanya sekedar simbol mengalami perubahan menjadi bagian dari strategi jangka pendek maupun jangka panjang perusahaan. Suatu corporate identity yang baik haruslah sesuai dengan strategi perusahaan tersebut dan merupakan refleksi dari rencana matang perusahaan tersebut. Setiap gerak dari rencana pengembangan atau product development dari perusahaan haruslah sejalan dengan visi misi dan nilai filosofis yang tercantum dalam identitas tersebut.

Corporate identity merupakan suatu image yang diinginkan perusahaan untuk dikenal oleh konsumennya sehingga seluruh materi promosi dan sistem operasional perusahaan harus mampu mendukung, memancarkan bahkan merupakan fondasi dari kampanye promosi dan sistem operasional perusahaan.

Paket Harga Jasa Membuat Logo Desain Identitas Perusahaan Pembuatan Website Logo Emblem Keren Logo UKM Gambar Logo Lucu