Akarapi Logo FAQ

Perbedaan Logo Vector Dengan Logo Raster Image

Perbedaan paling mendasar dari logo yang menggunakan vector dengan logo raster atau dengan format image adalah logo vector seperti yang Akarapi Logo selalu buat dapat dibesarkan sampai tak berhingga dan logo anda akan tetap terlihat jelas dan tajam. Ini adalah investasi logo yang baik dan murah karena anda tidak perlu setiap kali menghubungi pembuat logo anda hanya karena ingin memperoleh logo dalam format yang lebih besar.

Logo vector ini sangatlah tepat bagi marketing profesional atau pemilik perusahaan yang serius dengan logo mereka. Logo vector ini juga tepat bagi mereka yang memiliki pribadi perfeksionis dan pecinta kualitas karena logo vector memiliki presisi tinggi dan dibuat dengan menggunakan teknologi terkini.

Kebanyakan agency, perusahaan advertising atau desain house akan membuat logo dalam bentuk raster memiliki resolusi yang telah ditentukan pada saat pembuatan logo dan akan menjadi kabur dan tidak jelas pada saat akan diperbesar karena logo raster terdiri dari pixel dimana setiap pixel mengandung nilai tertentu yang konstan sedangkan logo vector terdiri dari sederetan instruksi matematika tentang bagaimana menggambarkan bentuk logo dengan nilai yang spesifik dan tidak memakai pixel.

Pembuatan logo dengan memakai vector graphic ini lebih rumit dan memerlukan keahlian yang tinggi seperti menggambar, melukis dan ilustrasi. Akarapi Logo Indonesia selalu memperhatikan kepentingan klien dalam implementasi logo yang paling mudah dan karena itu kami selalu memakai logo dengan format vector graphic sebagai softcopy dan file asli dengan tak lupa juga menyertakan format lain yang apabila klien kami ingin langsung mengaplikasikan logo tersebut kedalam dokumen word, power point presentasi maupun web.

Apakah Itu Logo Dengan Vector Graphic

Logo dengan vector graphic dibuat dengan program khusus yang menggunakan kemampuan menggambar, melukis dan ilustrasi. Logo vector ini terdiri dari kumpulan obyek dan persamaan matematika untuk mendifinisikan bentuk geometri seperti garis, bujur sangkar, lingkaran dsb. Logo vector yang terdiri dari besar dan arah maka dari itu elemen dari logo vector terdiri dari garis yang memiliki arah dan besaran yang memuat persamaan matematika sehingga dapat dilakukan pembesaran sampai tak hingga.

Logo dengan vector ini biasanya sangat mudah untuk anda modifikasi sendiri dalam aplikasi seperti Adobe Illustrator untuk keperluan pembuatan kartu nama, kop surat, stationary, brosur, baliho, billboard dan lain-lain karena logo berformat vector ini tetap berkualitas tinggi tanpa terpengaruh pembesaran atau pengecilan ukuran. Logo berformat vector ini karena merupakan persamaan matematika maka setiap pembesaran atau pengecilan hanya perlu memodifikasi lokasi matematika mereka. Logo yang memakai format vector ini umumnya tidak dapat memakai gambar ataupun foto karena sifat vector yang unik. Logo dalam format vector ini umumnya disimpan dalam bentuk standar yaitu EPS.

Hal inilah yang menyebabkan membuat logo dalam format vector sangat ideal tetapi sangat sulit. Tetapi membuat logo berformat vector ini sangat menguntungkan klien pada waktu logo ini diaplikasikan kedalam bentuk cetak karena kemampuannya menjaga kualitas hasil cetakan. Logo berformat vector ini mampu dibesarkan tanpa kehilangan kualitas dan sangat kompatibel ketika akan dipakai kedalam berbagai macam media tanpa biaya sama sekali.

Bila anda serius dengan logo dan ingin melakukan branding perusahaan anda, logo dengan format vector ini adalah sebuah jawaban bagi anda. Memang sangat sulit mencari perusahaan yang membuat logo dalam format vector ini tetapi Akarapi Logo Indonesia adalah salah satunya.

Apakah Itu Logo Dengan Raster Graphic Image?

Raster Graphic Image adalah format standard yang terdapat dalam perangkat rekam digital yang biasanya ada pada perangkat seperti kamera digital, scanner, kamera film dsb. Raster Graphic Image ini juga bisa dibuat oleh aplikasi editing pixel. Logo dengan format raster ini terdiri dari kumpulan matrix atau elemen pixel bitmap dari gambar digital. Pixel ini dapat berupa bujursangkar atau persegi panjang yang berisikan sebuah informasi warna seperti, hitam, putih, merah, biru, kuning dan sebagainya. Logo dengan format raster ini biasanya disimpan dalam bentuk TIFF, JPG, JPEG, BMP, PNG atau GIF.

Mengubah Logo vector kedalam logo berformat raster sangatlah mudah untuk dilakukan akan tetapi mengubah logo berformat raster kedalam vector sangatlah sulit bahkan ada yang berkata hal tersebut mustahil dilakukan. Logo berformat raster ini juga sama mudahnya seperti logo berformat vector untuk didistribusikan melalui berbagai media tetapi sangatlah sulit untuk dimodifikasi dan logo dalam format raster ini sangat terpengaruh kualitasnya terhadap pembesaran.

Menciptakan logo dalam bentuk raster image memang sangatlah mudah dan mungkin hanya cocok untuk keperluan logo yang hanya akan digunakan dalam web. Tetapi bila kita serius dengan logo dan ingin melakukan branding maka logo dengan format raster sangat sedikit gunanya karena kita akan dicetak untuk berbagai kegunaan seperti billboard atau iklan televisi logo berformat raster akan kehilangan kualitas dan menjadi kabur.

Memang benar, menciptakan logo dalam raster image akan menghasilkann efek yang luar biasa dari sisi grafis dan cepat tetapi dari sisi marketing dan branding, logo yang hanya indah dan hanya bisa digunakan untuk satu fungsi saja tidaklah berguna karena setiap kali kita akan menggunakan logo untuk keperluan lain maka kita harus mengeluarkan biaya lebih dengan meminta designer untuk membuat ulang logo perusahaan anda dalam resolusi yang lebih besar.

Logo Berformat Vector Dalam Aplikasi Microsoft Office

Aplikasi seperti Microsoft Word, Power Point Presentation ataupun Microsoft Excel merupakan aplikasi yang umum dipakai dan sangat baik untuk membuat dokumen yang dapat dipakai di internet atau keperluan kantor sehari hari seperti surat penawaran, cover letter, invoice hingga surat perkenalan diri. Akan tetapi aplikasi semacam ini sangat tidak disarankan untuk menciptakan karya digital seperti logo, company profile, brosur, kartu nama dsb. Dalam beberapa kasus seperti pembuatan logo, file tersebut dapat diconvert kedalam aplikasi Microsoft Office agar mudah digunakan.