Artikel Logo Perusahaan Menarik

Tahapan Penting Dalam Mendesain Logo Perusahaan

Logo Kripik Tempe Khas Malang Mergosonoan

Logo Kripik Tempe Khas Malang Mergosonoan

Kita sering melihat acara launching produk atau launching logo baru dari perusahaan start up dengan skala kecil hingga besar ataupun perusahaan-perusahaan besar kelas dunia yang sangat meriah dan terkadang menghabiskan dana yang tidak murah. Dalam sebuah acara peluncuran logo yang penuh gegap gempita tentu menimbulkan pemikiran-pemikiran tentang bagaimana keterkaitan antara sebuah desain merek dengan acara launching yang bertaburan bintang.

Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi pembuatan sebuah logo perusahaan yang baik, keren dan elegan. Apabila lingkungan dimana perusahaan tersebut mengalami perubahan baik dari lingkungan kompetisi, regulasi, peraturan pemerintah ataupun skateholdernya sendiri yang merubah maka mau tidak mau, sebuah organisasi yang tangguh akan melakukan perubahan sebagai bentuk adaptasi terhadap perubahan lingkungan untuk tetap dapat kompetitif dan eksis dalam dunia bisnis. Terkadang perubahan itu muncul dari dalam yaitu berupa perubahan bisnis inti seperti merger, quasi organisasi atau meninggalkan line bisnis yang sudah tidak menguntungkan memaksa perusahaan untuk melakukan perubahaan.

Tetapi apapun penyebabnya dalam mendesain sebuah logo yang baik, kesemua organisasi tersebut perlu mengetahui tahapan-tahapan penting dalam mendesain atau redesign logo baru mereka. Pada point kedua tujuan perubahan logo sangat diwarnai oleh keinginan untuk mengkomunikasikan perubahan kepada konsumen, karyawan dan stakeholder. Tahapan ini juga lebih sering dikenal dengan nama karakteristik yang harus ada pada sebuah merek.

Tahapan Tahapan Penting Dalam Mendesain Logo Merek Perusahaan antara lain:

  1. Menyampaikan pesan yang tepat kepada konsumen
  2. Melakukan pembedaan yang unik
  3. Mudah Untuk Dipahami dan Diingat
  4. Tahan Bantingan Usia
  5. Mudah Diaplikasikan Kedalam Berbagai Media


Menyampaikan Pesan yang Tepat Kepada Konsumen
Prinsip terpenting dalam pembuatan logo adalah convey the right messages atau penyampaian pesan yang tepat. Logo yang didesain ini harus dapat menyampaikan pesan yang ingin dikomunikasikan kepada konsumen. Mulai pemilihan makna apa yang ingin disampaikan dari hasil riset tahap sebelumnya hingga warna dan bentuk yang harus sesuai dengan pesan yang ingin dikomunikasikan kepada konsumen. Karena proses desain sebuah logo dapat diartikan sebagai menyampaikan banyak pesan kedalam ruang yang sempit atau dalam bahasa inggris kerennya adalah big messages in a small space.

Melakukan Pembedaan Yang Unik
Prinsip pembuatan desain logo berikutnya adalah melakukan pembedaan. Logo merupakan visualisasi yang unik agar tampak menonjol. Didukung pula oleh simbol dan makna filosofi yang unik untuk membedakan diri dengan pesaing-pesain yang lain sehingga menimbulkan kesan yang mendalam dalam benak konsumen. Dengan keunikan atau uniqueness tersebut konsumen akan langsung mengenal dan tidak perlu berpikir panjang ketika melihat logo perusahaan anda. Di sini orisinalitas dan kreatifitas menjadi penting. Logo tidak boleh sama atau menyerupai dengan simbol, warna dan makna pihak lain untuk menghindari image ganda atau bias di benak konsumen. Kesalahana yang banyak sekali terjadi adlaah dimana perusahaan ingin logonya dibuat mirip dengan logo perusahaan terkenal seperti Google, Coca-Cola, Yahoo!, Shell dan lain-lain karena pemilik perusahaan merasa logo tersebut mencerminkan hal yang positif. Padahal untuk kasus ini pemilik perusahaan tersebut adalah pihak yang kalah dalam pertempuran marketing dan branding karena telah berhasil ditundukan dan dikendalikan oleh brand ternama tersebut.

Mudah Untuk Dipahami dan Diingat
Terdapat pula tahapan berikutnya yaitu bahwa sebuah logo harus dapat dengan mudah dibaca/dipahami, sesuai dengan fungsi logo untuk membungkus identitas dan kepribadian perusahaan. Sehingga dengan melihat sepintas konsumen memahami makna logo dan perusahaan yang diwakilinya. Tetapi hal ini tidak berarti bahwa desain logo tidak boleh rumit karena ada banyak perusahaan kelas dunia yang memiliki desain logo rumit tetapi mudah diingat oleh konsumen karena kerumitannya tersebut itulah yang menjadikannya unik dan mudah diingat.

Tahan Bantingan Usia
Logo harus dapat berjalan seiring dengan perkembangan perusahaan, sehingga dapat dipertahankan dalam jangka waktu yang lama dan tidak harus diganti setiap bulan atau setiap tahun. Perusahaan membutuhkan kestabilan idenitas dalam jangka panjang yang divisualisasikan dalam merek untuk memudahkan perusahaan memenangkan pertempuran dalam merebut hati konsumen.

Mudah Diaplikasikan Kedalam Berbagai Media
Tidak boleh dilupakan juga dalam tahap pembuatan logo adalah sebuah desain logo harus applicable atau mudah penerapannya, sehingga dapat diaplikasikan ke dalam semua jenis material bisnis secara efektif dan efisien. Sehingga logo tersebut mudah diintegrasikan dalam penerapan strategi bisnis ataupun marketing perusahaan secara menyeluruh.