Artikel Logo Perusahaan Indonesia

Tips Memanfaatkan dan Memulai Peluang Bisnis Konsultan Yang Menguntungkan

Logo Konsultan Survey GeoAdvance

Logo Konsultan Survey GeoAdvance

Perusahaan yang bergerak pada bidang jasa konsultasi telah banyak merubah perekonomian dunia bahkan cara orang berpikir tentang berbagai hal pada saat ini. Para konsultan ini adalah tenaga ahli di bidang yang spesifik, sehingga bisa diharapkankan kepiawaian mereka dalam bidang yang di tangani. Para konsultan ini umumnya menawarkan jasa konsultasi dalam bidang marketing, kesehatan, internet, telekomunikasi, manajemen seperti ISO 9001, sigma gama, konstruksi, geologi, geofisika hingga konsultan keuangan atau yang lebih dikenal dengan istilah penasehat keuangan. Salah satu peluang usaha bisnis jasa konsultan yang sedang membooming pada tahun-tahun mendatang adalah konsultan keuangan atau penasehat keuangan apalagi ditengah buruknya perekonomian dunia saat ini akan banyak sekali orang yang kesulitan mengatur penngeluarannya.

Pekerjaan konsultan ini sebenarnya memerlukan keahlian dan ketrampilan tinggi karena konsultan harus bisa mengidentifikasi dan mendiagnosa masalah. Seorang konsultan harus dan wajib untuk mampu berpikir out of the box dan obyektif dalam menghadapi masalah klien mereka. Setelah berhasil mengidentifikasi akar permasalah tersebut maka akan ditawarkan beberapa alternatif jalan keluar dan solusi dari segala aspek beserta dengan konsekuensi yang ada apabila solusi tersebut dipilih. Karena inti dari pekerjaan ini adalah solving problem atau seorang problem solver.

Ada beberapa tips dan trik bagaimana menjadi seorang konsultan yang sukses menurut Vince Lombardi yaitu Fokus karena fokus adalah komitmen dan akan membuat kita mampu menjadi seorang yang sangat ahli dibidangnya, senantiasa berusaha untuk mengarahkan hasil kearah yang lebih baik, tidak pernah puas pada pencapaian yang sudah lewat, bekerja lebih cepat dan efisien serta integritas yang tinggi. Mereka juga tidak boleh memaksakan kehendak atas solusi yang ditawarkan, memiliki pengetahuan yang baik, mampu mengajukan pertanyaan yang tepat yang dapat mengarah pada pemecahan masalah dan solusi jangka panjang.

Program Branding Konsultan Dimulai dari Logo Yang Bagus

Konsultan Yang Problem Solver

Konsultan Yang Problem Solver

Pada era dimana tingkat persaingan bisnis semakin besar dimana orang akan menjadi semakin bergantung untuk mendapatkan ide dan pengetahuan spesifik untuk dapat sukses maka pekerjaan dari konsultan ini adalah membantu para klien dalam mencapai penjelasan dan solusi yang logis bagaimana segala sesuatu bekerja disekitar mereka hingga membuat kesimpulan akhir tentang bagaimana mereka akan mampu bergerak dan mengatasi masalah tersebut. Menjadi yang terbaik dan paling profesional pada bidang saja tidaklah cukup pada saat ini, beberapa pakar marketing seperti Hermawan Kartajaya maupun Philips Kotler telah menyarankan bahwa melakukan program marketing dan branding menjadi hal yang penting dan krusial untuk dilakukan demi memenangkan persaingan untuk merebut hati konsumen dan klien. Langkah awal untuk dapat melakukan program marketing dan branding adalah dengan memiliki logo yang baik. Beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan dalam logo konsultan ini antara lain elemen dasar warna, font, efek 3D dan bentuk yang menjadikan logo sangat penting. Pemilihan jenis huruf juga menjadi krusial kerena huruf yang dipilih harus melambangkan profesionalisme. Untuk bidang-bidang seperti teknologi, geofiska, geologi, telekomunikasi, manajemen dan keuangan maka jenis font yang dipilih haruslah yang terlihat sedikit kaku namun untuk bidang marketing, seni dan kesehatan, kita dapat memilih jenis font yang lebih terlihat halus, dinamis dan fleksibel.

Ada beberapa hal yang sama-sama dimiliki oleh logo konsultan yaitu hampir semua perusahaan ini selalu menyertakan nama mereka bersama-sama dengan logo dan bukan hanya beberapa huruf depan saja seperti yang kebanyakan kita temui pada perusahaan berbasi teknologi tinggi seperti IBM, Cisco dan Microsoft. Beberapa memilih warna yang melambangkan profesionalisme, keceriaan dan bersahabat secara bersamaan. Pada umumnya mereka juga memilih untuk menggunakan jenis huruf serif dan tradisional untuk melambangkan kepercayaan namun ada juga yang berani berinovasi dengan memilih huruf san-serif untuk meningkatkan kesan bonafid dan elegan. Ada juga yang memakai simbol iconic atau pictorial karena ingin lebih mudah dikenali dan memberikan kesan memiliki kreativitas yang tinggi pada program branding mereka.

Perusahaan konsultan biasanya memfokuskan pada kategori bidang tertentu yang membuat mereka sangat ahli dalam bidang tersebut. Sebagai contoh perusahaan konsultasi yang sangat profesional dibidangnya,GeoAdvance SINJ. GeoAdvance SINJ adalah konsultan yang bergerak dibidang survey geofisika dalam aplikasi dengan eksplorasi panas bumi, pertambangan, hidrologi, arkeologi, pencemaran lingkungan dan eksplorasi sumber daya alam lainnya yang selalu menyediakan tenaga ahli profesional dan berpengalaman dibidangnya. Logo GeoAdvance SINJ ini juga penuh dengan makna filosofi yang mendalam yang telah menjadi bagian dari visi dan misi mereka.

Berbagai Macam Tugas dan Jenis Konsultan

  1. Bidang Marketing.
    Bila suatu perusahaan mempunyai masalah dalam dalam bidang pemasaran dan menyadari bahwa mereka memerlukan opini berbeda dari perpektif luar, maka perusahaan ini akan mempekerjakan konsultan marketing. Konsultan marketing ini akan membantu eskskutif senior dalam menggali pemahaman dan pengertian terhadap sebuah masalah dan menghadapi tantangan strategis dalam bidang marketing perusahaan mereka. Konsultan pemasaran ini akan bekerja sama dengan eksekutif senior seperti marketing manager, product manager bahkan sales manager dalam merumuskan suatu strategi pemasaran yang cocok untuk permasalahan perusahaan tersebut dan rencana jangka panjang maupun jangka pendek yang akan dilakukan. Sebagian konsultan pemasaran di minta untuk mendampingi perusahaan pada masa implementasi.
  2. Bidang Kuliner Restoran dan Makanan.
    Untuk perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan ingin menentukan bagaimana restoran yang kita kelola mampu  melakukan penghematan bumbu dan bahan baku tanpa merubah menu dan resep masakan atau ingin memperbaiki sistem pelayanan pada konsumen maka anda dapat meminta bantuan perusahaan konsultan operasi atau Operations Consulting. Atau bila  perusahaan anda ingin memperbarui proses pembelian dan rantai pasokan dari pabrikan dan supplier, maka anda juga membutuhkan konsultan operasi. Konsultan ini memiliki ciri khas secara umum untuk membantu implimentasi dari saran-saran mereka dalam membuat suatu sistem operasi menjadi efisien.Konsultan operasi ini lebih berfokus pada proses internal klien seperti distribusi, produksi, order fulfillment, atau customer service. Contoh konsultan jenis ini antara lain: Accenture, Cap Gemini Ernst & Young, dan Deloitte consulting.
  3. Bidang Sumber Daya Manusia.
    Human Resources (HR) Consulting atau  konsultan sumber daya manusia adalah konsultan yang memfokuskan diri pada upaya-upaya untuk memaksimumkan nilai sumber daya manusia di suatu  perusahaan dengan menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat dan bidang pekerjaan yang tepat dengan melakukan wawancara atau membuka lowongan pekerjaan sehingga kesuksesan perusahaan bisa dicapai dengan dukungan karyawan yang solid. Hal ini disadari mengingat  perusahaan banyak berinvestasi pada human capital, sumber daya manusia dan berharap banyak dari investasi tersebut.Keterlibatan konsultan sumber daya manusia  bisa dimulai sejak proses rekrutmen, melakukan training dan development, memberikan jasa konseling, menyusun paket gaji, renumerasi, tunjangan, fasilitas dan struktur kompensasi karyawan, membangun kultur dan komunikasi dalam perusahaan, dan sebagainya. Beberapa contoh konsultan bidang ini seperti Hewitt Associates, Towers Perrin, Watson Wyatt Worldwide, dan Mercer HR.
  4. Bidang Strategi dan Perencanaan.
    Bain & Company, Boston Consulting Group (BCG), dan McKinsey & Company adalah perusahaan besar yang bergerak dalam bidang konsultasi strategi atau konsultan strategi. Konsultan strategi biasanya mendampingi eksekutif papan atas seperti direktur, komisaris dan CEO dari suatu perusahaan dalam menggali masalah, memahaminya dan menghadapi tantangan strategis menyeluruh dari suatu perusahaan. Konsultan strategi ini membantu para eksekutif senior maupun pemilik perusahaan dalam nerumuskan strategi jangka panjang dari perusaaan tersebut. Beberapa hanya memberikan rekomendasi dan melakukan presentasi, ada juga  sebagian  lain dituntut untuk tetap terlibat dan mengawasi selama proses implementasi.
  5. Bidang Teknologi Informasi.
    American Management Systems, Accenture, Cambridge Technology Partners, Computer Sciences Corporation, dan Electronic Data Systems (EDS) adalah contoh perusahan konsultan IT atau konsultan Informasi Tehnologi yang besar. Mereka menangani permasalahan bisnis yang kental dengan isu-isu teknis dari sistem dan teknologi informasi. Konsultan IT bertanggung jawab mulai dari proses analisis, desain, hingga impelementasi sistem, untuk memastikan solusi tersebut mendukung  proses bisnis mereka.Contoh proyek  yang ditangani oleh IT consulting firms/konsultan IT misalnya menguji vulnerability sistem internet banking sebuah bank, instalasi dan troubleshooting modul-modul ERP, menangani konversi database pelanggan ke server berbasis Oracle, dan sebagainya.
  6. Bidang Internet dan Programming.
    E-Consulting adalah konsultan yang menangani masalah-masalah yang menyangkut e-business dan e-commerce dalam skala yang luas. E-business biasanya adalah suatu  kegiatan bisnis yang dijalankan secara online, sementara e-commerce umumnya merupakan kegiatan yang melibatkan transfer unit keuangan melalui media elektronik/internet. Beberapa konsultan bidang ini antara lain Digitas, Razorfish, dan Sapient. Mereka memiliki spesialisasi mulai dari front-end design (programming, desain grafis) hingga valuasi, branding, marketing, jasa B2B, dan sebagainya.
  7. Lain-lain.
    Beberapa ontoh konsultan yang bergerak di bidang lain adalah Charles River Associates ( konsultan yang fokus pada bidang ekonomi dan jasa litigasi), L.E.K Consulting (konsultan  strategi bisnis, merger dan akuisisi), atau Marakon Associates (konsultan yang fokus pada shareholder value methodology).