Tren Marketing, Branding dan Bisnis

Pentingnya Sebuah Logo Dalam Marketing Revolution

Tung Desem Waringin The most Powerful People and Ideas in Business 2005

Tung Desem Waringin No.1 Indonesia The Most Powerful People and Ideas in Business 2005

Terimakasih atas kesediaan Bapak Tung Desem Waringin yang telah dinobatkan menjadi Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The Most Powerful People and Ideas in Business 2005 untuk memberikan pendapat mengenai pentingnya logo dalam Marketing Revolution.

Dalam 30 detik silakan tuliskan minimal lima logo produk yang Anda ingat atau yang pernah Anda lihat dan kemudian gambarkan sketsa logo tersebut. Mengapa kita mengingat logo produk tersebut? Apapun jawabannya hal tersebut menandakan pentingnya sebuah logo bagi perusahaan dan produk

Biasanya,orang mengingat logo antara lain karena bentuknya yang unik, menarik, eye catching, enak dilihat atau nyaman dipandangan mata dan bentuk atau tulisannya mudah diingat. Menurut Anda,apa pentingnya logo dalam suatu perusahaan? Dan apa hubungannya dengan Marketing Revolution? Menurut saya, logo antara lain mempermudah kita untuk mengingat sesuatu. Karena pada dasarnya manusia lebih mudah mengingat gambar. Oleh karena itu secara umum biasanya kita lebih mudah mengingat wajah seseorang dari pada mengingat namanya. Maka, untuk melakukan branding, sebuah perusahaan katakanlah produsen minuman akan mematenkan botolnya, bentuknya, dan lain-lain yang bisa menunjukkan kekhasan suatu produk. Tak mengherankan bila terkadang orang lebih mengingat botolnya atau bentuk produknya, tetapi kadang lupa apa nama produknya ketika akan berbelanja.

Logo Logo Yang Sensasional dan Nyaman Dilihat

Logo Logo Yang Sensasional dan Nyaman Dilihat

Oleh karena itu agar produk kita lebih mudah diingat oleh konsumen maka selain bentuk desain produknya yang unik, juga diperlukan bentuk desain logo yang menarik, mudah dibaca atau nyaman dilihat dan mudah diingat. Hal ini bertujuan agar konsumen tidak mudah salah pilih dengan produk lainnya contoh gara-gara bentuk produknya hampir sama dengan produk kita, padahal logonya berbeda. Misalnya saja, karena sama sama produk air dalam kemasan dan bentuk botolnya hampir sama atau karena sama-sama memakai warna dominan biru maka terkadang orang lupa apa merek atau bagaimana logonya produk tersebut. Maka kita perlu memilih dengan memilih desainer yang memiliki pengalaman sehingga mampu mendesain logo sejak awal dengan penuh perhitungan yang matang antara lain mempunyai unsur menarik, mudah dilihat atau nyaman dipandang, dan mudah diingat.

Ini juga berkaitan dengan pilihan warna, tipe huruf dan komposisi bentuk. Jika kita ingin memberikan penawaran yang sensasional maka orang akan mudah mengingat produk kita dan membelinya serta tidak tertukar dengan produk yang lain. Cukup banyak perusahaan yang mendesain logo hanya karena bentuknya dianggap indah atau menarik saja akan tetapi tidak mempertimbangkan faktor nyaman dilihat dan mudah diingat atau bahkan membuat logo yang mirip dengan kompetitor. Ketika produk dipasarkan maka konsumen cukup banyak yang lupa apa nama produknya dan bagaimana rupa logonya.

Mungkin konsumen pertama kali akan membeli produk itu namun karena lupa merek atau logonya di kemudian hari bisa saja terjadi mereka membeli produk kompetitor yang logonya lebih mudah diingat. Perlu diperhatikan pula dalam memilih desain logo, baik logo produk atau perusahaan bahwa kita harus mempertimbangkan faktor teknis desainnya. Sebagai contoh adalah bagaimana jika logo tersebut diletakkan di kop surat, amplop, corporate identity, brosur atau mungkin dalam beberapa bentuk dan media lain yang lebih kecil misalnya di kartu nama, ballpoint ataupun pensil.

Jangan lupa, pertimbangkan juga apakah logonya masih terlihat dengan jelas? Apakah desain logonya masih bisa dipertahankan komposisinya seperti bentuk, warna, dan tipe hurufnya. Bila logonya terlalu rumit kemudian diaplikasikan dalam media yang kecil bisakah logo tetap terlihat jelas dan menawan.

Maka, kita tidak jarang melihat perusahaan perusahaan atau produk yang mengganti logonya dan terkadang bahkan dengan biaya yang sangat tinggi hingga jutaan rupiah supaya logonya menjadi lebih baik. Desain logo yang lebih baik ini adalah memberi arti yang lebih positif, lebih menarik, nyaman dilihat, mudah dibaca, dan mudah diingat. Jika Anda belum telanjur membuat logo suatu produk atau perusahaan Anda maka pertimbangkan kembali faktor-faktor penting tersebut atau serahkan pada desainer logo yang berpengalaman dan telah memilik track record yang jelas yang bisa dilihat melalui portofolio maupun daftar klien yang panjang.