Website Design Khusus Untuk Handphone & Ponsel

Website Design Khusus Untuk Handphone & Ponsel

Teknologi digital secara terus menerus telah merubah cara sebuah merek (brand) berinteraksi dengan pelanggan. Website telah dipakai untuk hal ini selama bertahun-tahun tetapi sekarang memerlukan lebih dari sekedar website untuk sukses tetapi juga web design yang unik, elegan dan modern yang sesuai dengan perkembangan teknologi

Semakin banyak orang menggunakan ponsel atau handphone atau tablet untuk mengakses website atau situs guna melakukan pencarian di internet. Penggunaan situs web berbasis seluler semakin meningkat dari hari ke hari terutama dikalangan pekerja yang sering melakukan perjalanan dan bepergian. Pada 2015, Google telah mengumumkan secara resmi untuk pertama kalinya dalam sejarah bahwa lebih banyak orang mencari dari perangkat seluler daripada dari komputer desktop atau laptop.

Apa Itu Website Ponsel dan Handphone

Kita semua pernah mengunjungi sebuah website dari perangkat ponsel dan mendapati diri kita mengalami kesulitan untuk membaca teks, atau terus-menerus memperbesar dan memperkecil untuk melihat semuanya atau harus menunggu cukup lama agar semua halaman dapat terbaca dengan sempurna maka kita sudah tentu tahu seperti apa yang dimaksud dengan mengunjungi website berbasis seluler yaitu tidak membuat frustrasi.

Itu sebabnya Akarapi selalu merekomendasikan menggunakan desain responsif yang dibuat khusus untuk perangkat ponsel dan handphone. Situs web responsif secara otomatis menyesuaikan dengan jenis perangkat yang digunakan oleh pengunjung dengan mengubah resolusi, ukuran gambar, menu, dan banyak lagi sehingga konten dari website tersebut dapat terbaca dengan jelas dan cepat pada ukuran layar yang berbeda.

Dengan situs web responsif ponsel, Maka kita tidak perlu khawatir untuk kehilangan calon pelanggan atau konsumen setia kita. Semua website yang di desain khusus untuk perangkat ponsel dan handphone akan sangat mudah untuk dibaca dan cepat dalam menyajikan konten. Tidak semua website ponsel memiliki kualitas yang sama, apabila Anda menemukan sebuah website yang mudah untuk dibaca tetapi waktu loading hingga konten tersaji sempurna memerlukan waktu yang lama maka website tersebut tidaklah dibuat khusus untuk berbasis web ponsel.

Jumlah Pemakai Ponsel dan Handpone Di Indonesia

Jumlah pengguna ponsel dan handphone di Indonesia pada tahun 2020 ini mencapai 82 juta orang. Indonesia juga merupakan negara terbesar keempat didunia setelah China, India dan Amerika Serikat dalam jumlah pemakai ponsel. Sedangkan data dari Telkomsel menunjukan bahwa mereka memiliki lebih dari 163 juta pelanggan paket internet berbasis 4G dan jumlah tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 33 persen per tahun.

Masyarakat Indonesia yang terkenal dengan suka berbelanja menjadikan Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial untuk para pemain di industri e-commerce atau yang lebih dikenal dengan nama toko online dan market place. Persaingan yang semakin sengit dibidang ini dengan semakin banyaknya pemain kelas kakap dunia terjun di Indonesia maka memiliki website yang berbasis handphone dan ponsel adalah hal yang wajib untuk menjaga agar brand yang telah kita bangun bertathun-tahun tetap dapat bertahan.

Berdasarkan data pada tahun 2017, lebih dari 50 persen pengguna perangkat ponsel dan handphone menggunakannya untuk melakukan aktifitas belanja secara online. Jumlah tersebut diperkirakan akan melonjak sebesar 65 juta pengguna pada tahun 2022. Hal ini menunjukan bahwa lebih dari setengah pengguna ponsel melakukan transaksi secara online untuk membeli barang dan jasa. Berkaca dari data ini maka memiliki website yang didesign khusus untuk ponsel dan handpone adalah sebuah kewajiban bagi perusahaan.

Pengguna Ponsel Merupakan Pelanggan Yang Loyal

Orang yang mengunjungi website Anda melalui perangkat handphone atau ponsel sering kali merupakan orang lokal dan lebih cenderung melakukan pembelian karena mereka sedang dalam perjalanan. Jika seseorang mencari "martabak" dari ponsel mungkin karena mereka ingin martabak sekarang. Meskipun masih umum untuk menggunakan perangkat desktop untuk melakukan riset, membaca ulasan, dan membuat keputusan tentang pembelian besar, konsumen seluler lebih fokus untuk melakukan kontak interaksi dan mengambil tindakan cepat dan melakukan impulse buying. Website yang didesain khusus untuk perangkat smartphone atau seluler dapat membantu calon pelanggan dalam menemukan bisnis Anda.

Pilih Mana Web Apps atau Mobile Apps

Perdebatan ini telah lama terjadi yaitu mana yang lebih baik antara web apps atau mobile apps? Web Apps merupakan website yang di design khusus untuk perangkat ponsel dan handphone yang dapat kita temui atau kunjungi dengan melakukan pencarian di internet melalui search engine. Sedangkan mobile apps adalah aplikasi native yang ada di perangkat ponsel kita dan hanya dapat dicari melalui Google Play Store ataupun Apps Store.

Berdasarkan data pada tahun 2018 tetanng Mobile Apps Report, sebagian besar pebisnis melaporkan bahwa para pelanggan mereka menemukan brand mereka dan berbelanja melalui web apps daripada mobile apps. Kemudahan ini terjadi karena web apps lebih mudah ditemukan melalui pencarian internet sedangkan mobile apps hanya dapat ditemui melalui iklan.

Perbedaan utama dari keduanya adalah jumlah investasi yang dibutuhkan. Sebuah design web apps hanya memerlukan investasi kecil hanya sebesar dua juta rupiah ( Lihat biaya pembuatan web apps ) sedangkan untuk investasi memiliki mobile apps membutuhkan biaya paling sedikit Rp. 500 juta dan ini belum termasuk untuk beriklan dan promosi agar masyarakat mengetahui dan mau memakainya. Biaya promosi untuk web apps hampir bisa dikatakan gratis karena memakai sistem pencarian internet sedangkan biaya promosi untuk mobile apps paling sedikit menghabiskan dana Rp. 20-40 juta perbulan untuk mendapatkan trafik sebesar 14.000 view dengan tingkat konversi sebesar 1 persen atau 140 pelanggan baru.

Menciptakan Pengalaman Brand Yang Positif

Kesempatan untuk berinteraksi secara positif dengan brand melalui teknologi digital dimulai dengan web design yang baik dan bagus untuk web apps Anda. Dalam web design yang baik untuk menciptakan pengalaman brand yang positif banyak hal yang perlu dipertimbangkan yang salah satunya adalah mudah digunakan hingga memakai gaya visual yang menawan. Dengan pengetahuan kami tentang hal ini membuat kami mampu menawarkan jasa web design yang komprehensif dengan harga yang menawan yang termasuk didalamnya arsitektur informasi, pengembangan wireframe yang solid, penggunaan yang nyaman dan sebagainya.

Dengan pengalaman kami selama bertahun-tahun membuat web design berbasis ponsel dan handphone maka kami menemukan formula yang baik untuk meningkatkan pengalaman positif pengunjung terhadap brand anda.

Paket Harga Jasa Membuat Logo Desain Identitas Perusahaan Pembuatan Website Logo Emblem Keren Logo UKM Gambar Logo Lucu