Apa Itu Content Management System (CMS)

Content Management System

Dalam beberapa tahun terakhir ini kita melihat internet telah berubah menjadi salah satu media strategis bagi organisasi pada level apapun seperti industri kesehatan, jasa keuangan, perbankan, hiburan, restauran, lembaga amal, yayasan sosial, konstruksi, real estate, pertambangan dan lain lain. Beberapa perusahaan terjun ke website dan e-commerce atau toko online untuk memanfaatkan saluran baru yang dapat meningkatkan penjualan, mengurangi biaya operasi, menjalin hubungan yang lebih erat melalui customer relationship serta mengembangkan daya tarik dari brand mereka. Saat ini evolusi tersebut mengalami ledakan dengan adanya sosial media dan mobile device dimana kedua hal tersebut mengubah perilaku masyarakat dalam berinteraksi dengan website dan internet.

Peningkatan nilai sebuah perusahaan dengan adanya media digital akan terus berkembang dan setiap perusahaan akan terus berjuang untuk memaksimalkan hasil dari website mereka serta tetap mencari peluang yang muncul dengan perubahan yang terus menerus terjadi dalam media digital ini.

Web Design Dengan CMS
Web Design Dengan CMS

Ada banyak cara untuk meraih peluang yang ada seperti membuat website yang dapat menjadi company profile atau brosur online. Alamat website atau domain akan menjadi sama dengan alamat kantor perusahaan anda pada media digital dengan perbedaan harga dan biaya investasi yang jauh lebih murah daripada memiliki kantor pada dunia offline.

Website juga dapat dijadikan sarana untuk menjangkau konsumen untuk berinteraksi lebih dekat dengan perusahaan dan brandnya. Untuk menjawab tantangan yang muncul dalam dunia online dan tanpa mengkonsumsi biaya dan sumber daya yang banyak adalah dengan memakai Content Management System (CMS) dalam mengelola website perusahaan.

Sebuah Content Management System yang baik akan membuat perbedaan yang tajam antara website statik dan website dinamis serta mampu mengubah calon konsumen potensial menjadi konsumen yang loyal serta menguatkan brand image perusahaan dimata pelanggan. Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana memilih Content Management System yang baik dan tepat bagi perusahaan anda?

Mengapa Content Management System Diperlukan

Pada akhir semua argumen, sebuah CMS yang terbaik pada saat ini dan dimasa depan adalah CMS yang tepat bagi pertumbuhan perusahaan itu sendiri. Kini kami hadir dengan web CMS yang multiguna dan sangat nyaman mudah digunakan bahkan bagi pengguna awam sekalipun sehingga anda tidak perlu ragu dan bimbang lagi dalam mengambil langkah menjalankan strategi untuk mengembangkan kinerja perusahaan dengan lebih percaya diri akan kesuskesan anda karena web design perusahaan kini terlihat sangat elegan dan profesional tanpa meninggalkan ergonomis dari sisi pemakainya dengan harga yang murah dan nyaman untuk anggaran perusahaan.

Pada tahun 2010 saja, penggunaan internet telah mencapai 2 milyar pengguna. Semakin tingginya penetrasi internet broadband dan internet mobile yang ditawarkan seperti First Media, Smartfren, Telkomsel Flash dan lain -lain maka lalu lintas data pengguna internet telah tumbuh 3 kali lipat dalam sepuluh tahun terakhir. Bahkan pada tahun 2015, para pengguna internet mobile akan mengalahkan pengguna internet desktop atau akan terjadi pertumbuhan sebesar 100 persen.

Dengan pertumbuhan yang sepesat ini maka tak dapat disangkal bahwa pembuatan website adalah sebuah keharusan apabila perusahaan tidak ingin kehilangan competitive advantagenya. Website perusahaan dapat berupa company profile, website brosur hingga penawaran produk yang dapat mengundang dan menarik perhatian pengunjung untuk belajar mengenai perusahaan.

Pengalaman yang pengunjung dapatkan melalui web ini dapat menegaskan pesan dari kampanye brand, meningkatkan loyalitas pelanggan serta mengintegrasikan secara sempurna semua program marketing, corporate identity dan branding dilini dimana konsumen dapat bertemu mulai dari website, kantor, toko online, email, sosial media dan lain lain.

Cara Memilih CMS Untuk Website Perusahaan

Memilih Content Management yang tepat bukan lagi sekedar keputusan yang berkaitan dengan teknologi atau departemen IT lagi akan tetapi merupakan keputusan strategis bisnis dan karena alasan inilah para pemilik bisnis harus mengambil peran aktif dalam proses pemilihan tersebut agar sesuai dengan kebutuhan.

Bayangkan saja betapa bermanfaatnya website untuk memberikan konten yang berguna pada konsumen dan pengunjung website tepat seperti yang mereka inginkan, tepat saat mereka membutuhkan dan mereka dapat mengaksesnya dimana saja. Hal ini sudah barang tentu akan meningkatkan hasil dari program marketing perusahaan serta meningkatkan efisiensi dari biaya operasional.

Semua hal ini dapat dilakukan dengan memilih Content Management System yang tepat. Pemilihan ini sangat penting bagi perusahaan untuk sukses dan mencapai tujuan pembuatan website.

Untuk memastikan bahwa website perusahaan telah sesuai dengan kebutuhan dan tujuan maka sebuah Content Management System haruslah memiliki dua ciri utama, yaitu:

  • Mudah Digunakan.
    Content Management System harus dapat dipakai secara intuitive bagi para marketer dan editornya. Ini berarti bahwa setiap orang dalam organisasi harus bisa dengan mudah menambah dan mengedit secara online setiap konten website. Sistem web CMS kami telah memenuhi syarat ini karena dapat digunakan secara mudah seperti apabila anda mampu memakai fungsi dasar dari Microsoft Words maka sudah dapat dipastikan juga bahwa anda akan mampu memakai web CMS Akarapi.
  • Mudah Dikontrol.
    Tujuan utama dari web CMS adalah memastikan bahwa setiap orang dapat mengisi konten dari website tanpa perlu belajar bahasa program yang komplek dan rumit. Jadi pada web CMS Akarapi, kini anda dapat dengan mudah mengisi sendiri konten website perusahaan atau mendelegasikan pengisian konten tersebut pada online manager hingga siswa SMA.

Sebagai pemilik perusahaan dalam segala skala ataupun marketer, anda tidak perlu direpotkan untuk mengerti bahasa program karena sudah seharusnya waktu, kreatifitas dan tenaga yang dimiliki digunakan untuk melakukan hal-hal yang anda suka dan mahir didalamnya yaitu membesarkan dan mengembangkan perusahaan.

Orientasi Dari Content Management System

Sebuah website dapat berorientasi secara linear dengan menyajikan konsep yang berorientasi pada sistem dokumen. Konsep linear ini juga berorientasi pada halaman dimana website ini lebih berfungsi sebagai online brosur dan sarana promosi dimana halaman-halamannya jarang berubah.

Website berorientasi linear ini banyak dijumpai pada perusahaan yang menawarkan produk atau jasa seperti jasa konsultan, pertambangan, restauran, konstruksi, real estate, dealer mobil/motor, sekolah, kursus pendidikan, yayasan amal, organisasi nirlaba rumah makan dan masih banyak contoh lainnya.

Ada juga website yang berorientasi secara progresive dimana isinya selalu berubah secara dinamis setiap saat. Website dengan tipe seperti ini banyak ditemukan pada situs berita, majalah, forum, bursa saham dan blog yang menitik beratkan pada penyampaian informasi secara cepat bahkan real-time.

Web CMS Akarapi mengabungkan kedua orientasi pembuatan web design berbasis Content Management System (CMS) untuk menunjang program marketing dan branding perusahaan dengan memperhatikan struktur arsitektur informasi, isi dan user interface yang modern dan efisien sehingga mampu berfungsi sebagai alat marketing yang efektif bagi perusahaan. Pada web Content Management System kami, anda dapat dengan mudah menambah, menghapus, mengganti isi dari website serta memiliki tempat untuk memasukan berita/blog tentang kegiatan yang perusahaan lakukan.

Kegunaan Website Berbasis CMS

Pada masyarakat yang sudah terkoneksi dengan internet, gagal memaksimalkan potensi dari website perusahaan adalah sama dengan memberikan tanda “Tutup” pada pintu gerbang perusahaan anda. Setiap perusahaan harus siap menyajikan melalui website kepada konsumennya hal-hal penting yang terkait dengan perusahaan, kapan saja, dimana saja, bagaimanapun caranya.

Dengan web CMS yang Akarapi berikan, kini anda dapat menyajikan website yang dinamis tanpa perlu kemampuan programming sehingga anda dapat berkonsentrasi penuh pada kegiatan dan program-program akan mampu memberikan pendapatan tambahan, meningkatkan customer service serta menciptakan brand awareness dan loyalitas konsumen.

Topik Penting Relevan