Telkom Indonesia Mengganti Logo Sesuai Dengan Trend Dunia Design

Trend Dalam Logo Apakah Anda Mengikuti Telkom Indonesia Mengganti Logo Sesuai Dengan Trend Dunia Design

Begitu pula dengan logo perusahaan anda yang apabila tidak mengikuti perubahan zaman maka branding atau corporate identity perusahaan anda akan terlihat buruk dan tidak elegan. Hal ini akan mengakibatkan program marketing dan promosi perusahaan anda tidak maksimal begitu juga program-program penjualan serta corporate identity dan branding yang sedang dijalankan.

design logo telkom indonesia baru Telkom Indonesia Mengganti Logo Sesuai Dengan Trend Dunia Design
Logo Telkom Indonesia Yang Baru


Trend selalu datang dan pergi. Begitu juga trend dalam dunia logo. Hal ini seringkali membuat logo perusahaan anda terlihat begitu ketinggalan zaman dan terkesan tidak bonafid atau seperti perusahaan yang sudah tidak ada lagi. Mudah sekali untuk berbicara bahwa “saya tidak mengikuti trend” Namun dengan begitu banyaknya perubahan lingkungan didalam maupun diluar, bagaimana kita bisa berbicara bahwa kita tidak dipengaruhi oleh apa yang orang lain lakukan.

Setiap tahun dalam dunia logo selalu terjadi perubahan arah penciptaan logo. Beberapa dari trend logo tersebut mungkin tidak cocok dengan selera anda atau dalam titik ekstrem mungkin terlihat buruk dimana anda. Akan tetapi sedikit banayk perusahaan anda termasuk juga logo design perusahaan anda harus beradaptasi dengan trend logo yang terjadi. Pertanyaan yang selalu menjadi penting adalah kapan anda harus mengubah logo anda agar tidak terlihat ketinggalan zaman?

design logo telkom indonesia lama Telkom Indonesia Mengganti Logo Sesuai Dengan Trend Dunia Design
Logo Telkom Indonesia Lama


Semua hal ini berkaitan dengan informasi. Trend dalam logo selalu menunjukan dua arah yaitu kemana harus pergi dan kemana harus tidak pergi. Semuanya ini menyangkut informasi. Semakin banyak informasi yang kita ketahui maka akan semakin mudah pula kita menyesuaikan diri dalam setiap situasi termasuk juga dalam kasus trend logo. Ini memerlukan riset yang mendalam, anda tidak dapat menciptakan logo tanpa mengadakan riset tentang industri tersebut dan trend yang sedang berlangsung didalamnya.
Hanya karena kita tidak menyukai style design tertentu, tidak seharusnya kita berkata: Saya tidak suka, mana yang lain. Semua hal ini menyangkut cara orang berkomunikasi dan bagaimana mereka berubah seiring berjalannya waktu. Hal inilah yang membuat kita mudah mendapatkan ide dan inspirasi tentang bagaimana seharusnya logo tersebut dibuat.

Di Indonesia sendiri cukup banyak perusahaan yang mengikuti trend logo ini. Bahkan BUMN yang selalu lekat dengan ketinggalan zamanpun melakukan hal ini seperti Bank BNI dan PT. Telkom Indonesia.

PT Telkom Indonesia Tbk menghabiskan dana Rp 3,2 miliar untuk mengganti logo perusahaannya. Harga tersebut sungguh mahal dan hampir tidak masuk akal, tetapi logo Bank BNI memiliki harga sebesar Rp. 5 miliar rupiah. Tetapi untuk mengganti design logo perusahaan anda, tidak perlu merogoh kocek sedalam itu karena di Akarapi Logo harga yang ditawarkan cukup murah yaitu mulai dari Rp. 191.000,– (Promosi sedikit boleh kan?).

Penggantian logo dari perusahaan yang genap berusia 153 pada 23 Oktober 2009 tersebut, merupakan simbol transformasi bisnis Telkom dari perusahaan Informasi dan komunikasi menjadi berbasis Telecommunication, Information, Media and Edutainment (TIME). Portfolio bisnis baru ini sejalan dengan positioning baru PT. Telkom Indonesia, yakni life confident dengan tagline ‘The World in Your Hand’.

Bisnis PT. Telkom Indonesia beralih dari separate providers menuju single provider yaitu beralih dari bisnis telekomunikasi menjadi penyedia konten dan portal. Dengan logo yang baru ini diharapkan terjadi transformasi yang terbesar sepanjang sejarah PT. Telkom Indonesia, karena bersifat fundamental, menyeluruh dan terintegrasi yang menyentuh empat aspek dasar perusahaan. Yakni, transformasi bisnis, infrastruktur, sistem dan model operasi, serta transformasi sumber daya manusia.

Sayangnya dari suara-suara yang beredar diforum-forum, banyak sekali orang indonesia yang tidak mengetahui arti dari logo PT. Telkom Indonesia yang baru. Banyak juga orang yang memplesetkan logo design tersebut dengan “Talk To My Hand” karena transformasi pelayanan yang seringkali masih buruk.

Topik Penting Relevan